Selasa, 21 Juni 2011

Cara Menginstal Windows XP

Oke mEnTemeN (lebay, haha) sekarang aku pengen kasi tau kalian tutorial bagaimana cara nginstal windows xp daridlu ngepost artikel ini ga jadi2 terus, hehe ...
Kalo pengen tau gimana sih cara nginstal windows xp ga susah susah amat kok yang penting kalian siapkan CD-installer windows xp terus hardware pendukung PC anda seperti halnya motherboard, vga dan lain lain lalu software yang sesuai keperluan anda seperti Microsoft Office, Firefox, dan lain lain.
Ingat juga serial key nya !
Lalu siapkan juga keberanian dan kesabaran serta kopi karena sewaktu copy data dari CD membutuhkan waktu yang lama, hehe


Oke jika uda siap semua ikuti perintah ane :
1. Jika PC anda masih hidup, restart ! masukkan CD-installer dan saat restart dengan kecepatan anda tekan tombol F2/F6/F8/F10/F12 tergantung pada spesifikasi pc anda.
2. Masuk ke BIOS dan setting boot priority nya untuk yang pertama pilih CD Room, lalu save dan exit, tunggu beberapa saat sampai perintah muncul.
3. Setelah muncul perintah “Press Any Key to boot from CD …” di layar, Tekan sembarang tombol untuk memulai. Akan muncul perintah seperti gambar di bawah ini.

3
4. Lalu, akan muncul pesan “Welcome to Setup” kemudian ikuti pilihan menu selanjutnya.
4
5. Pilihlah install Windows XP dengan menekan Enter.
6. Lalu akan tampil EULA ( End User Licence Agreement ), kemudian anda tekan F8 yang artinya Anda setuju. Jika anda tidak setuju, cukup tekan “ESC”.
6
7. lalu muncul beberapa option lagi dimana kejadian ini namanya membagi partisi partisi seperti drive C:, D:, dan seterusnya. Jika anda ingin membagi partisi tekan C jika tidak langsung ke instalasi dengan menekan Enter.
7
8. Setelah dienter, Anda harus memilih format jenis apa saja. Ada beberapa pilihan yakni FAT32 dan NTFS. Tetapi saya sarankan untuk mengambil option ini “Format the partition using the NTFS file system“. Karena Windows XP dan juga dengan Format NTFS akan memiliki perfomance yang bagus dan loading yang cepat.8
9. Setelah proses format, secara otomatis akan berjalan sendiri nya. Setup mengopy file yang diperlukan dari CD ke hardisk anda. Setelah selesai komputer anda akan restart.
9
10
11
10. Setelah restart, akan muncul pesan “Press Any Key to boot from CD …. “. dalam hal ini jangan tekan tombol apa apa karena jika anda tekan sembarang tombol sesuai perintah akan kembali ke menu awal dan anda mengulang lagi dari step satu maka tunggu beberapa saat.
11. Tunggu lah hingga proses loading selesai, CD-installer bekerja kembali. Saat ini, komputer mengambil data – data yang diperlukan dari CD ke harddisk.
11a
11c
12. Kemudian muncul menu “Regional and Language Setting“, pilih “Customize” dan pilihlah negara dan bahasa anda. Cukup disesuaikan dengan kebutuhan anda. Kemudian pilih OK dan Next.
12
13. Kembali anda di beri pertanyaan, yakni nama dan organisasi. Isilah sesuai data identitas diri anda kemudian pilih Next.
13
14. Nah disini lah yang terpenting, yakni anda akan diminta mengisi serial number Windows XP. Bila salah satu huruf atau angka, maka installasi selanjutnya tidak akan berjalan.
14
15. Kemudian ada menu “Computer Name and Administrator password“. Isi dengan username dan password sesuai kebutuhan. Eit … anda harus menghafalkan bilamana anda mengisi. Bila tidak ingin mengisi username dan password, kosongin saja kemudian pilih Next.
15
16. Kemudian Menu “Date and Time Setting”. Isi saja sesuai lokasi dimana anda berada. Lalu pilih Next.
16
17. Ada pilihan lagi yakni Network setting yaitu “Workgroup or Computer Domain” Klik Next saja deh biar ga pusing – pusing. Karena ini untuk setting jaringan LAN.
18
18. Komputer akan restart, ditunggu saja jangan beranjak kemana – mana. ngopy2 deh … :P
19. Saat itu juga, Keluarkan CD installer Windows Xp anda.
20. Lalu setelah itu, komputer akan bekerja kembali secara otomatis dan akan men-setting resolusi display monitor anda secara otomatis. Tinggal Klik OK.
19
21. Kemudian muncul “Welcome to Microsoft Windows” dan klik Next lagi.
21
22. Ada menu lagi, “Help Protect your PC“, pilih “Not right now” dan Next.
23. Lalu, anda akan diminta untuk mengisi nama yang akan di gunakan di komputer anda.
22
24. Setelah beres, lalu akan ada pilihan Thank You , Welcome dan Windows XP anda akan terbuka untuk pertama kalinya.FINISH !
23
25. Instalasi berjalan lancar dan Selamat ! Anda sudah berhasil menginstal windows xp anda dan tinggal sekarang menginstal driver driver dan juga software yang anda butuhkan.

Oke gitu aja menginstal windows xp nya semoga hal ini berguna bagi kalian semua.
Salam blogger temen temen :)


Related Articles



0 komentar:

Posting Komentar

Template by : kendhin x-template.blogspot.com